17 October 2019

SEBELUM DITERJUNKAN, RATUSAN MAHASISWA IKUT PEMBEKALAN KKN

SINGARAJA-Sebanyak 132 mahasiswa yang kini duduk di semester VII, STAHN Mpu Kuturan Singaraja mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka akan mengikuti KKN selama dua bulan kedepan, terhitung Oktober-November di tiga kabupaten yakni Buleleng, Jembrana dan Bangli.

Ratusan mahasiswa ini berasal dari empat jurusan. Rinciannya, sebanyak 112 orang dari jurusan Dharma Acarya, 12 mahasiswa dari Jurusan Dharma Duta, 5 mahasiswa dari Jurusan Dharma Sastra dan 3 mahasiswa dari Jurusan Brahma Widya.

Acara pembekalan dilasanakan di Aula STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Pembekalan dibuka langsung oleh Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Prof. Dr. Drs I Made Suweta, M.Si pada Selasa (1/10) pagi. Ratusan mahasiswa diberikan sejumlah materi.

Seperti materi Hakekat KKN dan Etika Mahasiswa saat Melaksanakan KKN, Peran Mahasiswa dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia, Penyusunan Program KKN serta Pelaksanaan dan Penilaian KKN.

Dalam arahannya, Prof Suweta menjelaskan, mahasiswa tidak hanya untuk menimba ilmu secara teoritis di kampus semata. namun diharapkan dapat mengimplementasikan teori yang diterimanya di bangku kuliah kepada masyarakat. Salah satunya melalui Kuliah Kerja Nyata.

Prof Suweta pun meminta agar mahasiswa yang sedang Melaksanakan KKN di desa-desa untuk tetap menjaga nama baik diri sendiri dan kampus. Sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Saudara harus membaur di desa. memiliki program kerja. jangan ongkang-ongkang kaki di desa. harus banyak terlibat dalam pembangunan di desa. Boleh secara teoritik di kampus, tapi di masyarakat harus belajar secara empiric,” jelasnya kepada ratusan mahasiswa.

Pihaknya pun meminta agar mahasiswa ketika sampai di lokasi KKN untuk segera melakukan kordinasi dengan tokoh masyarakat. Seperti Kepala Desa, Bendesa, Kelian Adat, Kepala Lingkungan, maupun pemangku.

“Jadi harus dimatangkan. jangan bersikap gaya seperti di kampus. tidak bisa ngomong. maka dari itu harus belajar,” pesannya.

Seperti diketahui, kegiatan KKN ini merupakan agenda rutin tahunan yang pelaksanannya di bawah leading sector Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M). pelaksanannya pun dibiayai dari dana DIPA lembaga.

Selama kegiatan, ratusan mahasiswa ini akan dibimbing oleh sembilan orang dosen. mereka akan dibina baik dalam proses Penyusunan program, maupun kegiatan di lapangan. (mar/Hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *