17 October 2019

Jumlah Penganut Hindu Ratusan KK P3M STAHN Sasar Dusun Bongsowetan

SINGARAJA-Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAHN Mpu Kuturan Singaraja untuk kedua kalinya menggelar kegiatan Pengabdian masyarakat di Dusun Bongsowetan, Desa Pengalangan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sebagian besar Umat Hindu yang mendiami di wilayah ini merupakan beretnis Madura.
Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Komang Suardika mengungkapkan, kegiatan pengabdian masyarakat ini digelar pada 14 Septmber lalu. Acara pengabdian dipusatkan di Pura Keta Bumi di desa setempat.
Dipilihnya Dusun Bongsowetan, Desa Pengalangan sebagai lokasi pengabdian masyarakat bukanlah tanpa alasan. Mengingat jumlah Umat Hindu di wilayah tersebut mencapai 270 KK. mereka juga sangat haus akan pengetahuan tentang Agama Hindu.
Dikatakan Suardika, kegiatan pengabdian dilakukan melalui pemberian Dharma Wacana yang dikemas dengan hiburan Bondres. Menurutnya, antusiasme Umat Hindu di Dusun Bongsowetan inipun sangat tinggi. Mereka sangat terhibur dengan kegiatan Pengabdian tersebut.
“Luar biasa antusiasme masyarakat. Mereka sangat tertarik dengan dharma wacana yang dikemas lewat kesenian bondres. cukup menghibur,” ujar Suardika belum lama ini.
Lanjutnya, kegiatan pengabdian masyarakat ini juga diisi dengan acara pelatihan sejumlah tarian sacral. Seperti Tari Rejang Dewa dan Tari Rejang Renteng. para penari dilatih oleh UKM Tari dari mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Singaraja.
“Kebetulan kalau pujawali di Pura Kerta Bumu memang sering mementaskan tarian Rejang Dewa dan Rejang Renteng. Sehingga kami meminta mahasiswa yang tergabung di UKM Tari untuk mengajarkan,” imbuhnya.
Suardika berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi Umat Hindu di Gresik. Sehingga pemahaman umat tentang ajaran Agama Hindu kian mendalam. “Tentu dibarengi dengan Sradha Bhakti umat yang kian meningkat. itu saja harapan kami,” tutupnya. (Mar/Hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *