12 November 2019

Dukung Gerakan Bebas Sampah Plastik, Jurusan Brahma Widya Gelar Pengabdian Masyarakat di Pura Pulaki

GEROKGAK – Tri Dharma Perguruan tinggi sebagai landasan beraktifitas di kalangan perguruan tinggi harus mampu diwujudnyatakan oleh civitas akademika, sehingga tidak menjadi wacana semata. Memahami hal tersebut Jurusan Brahma Widya Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja melaksanakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Mengangkat tema Implementasi Konsep Tri Hita Karana dalam Kehidupan Sosio-Religius Umat Hindu kegiatan ini dilaksanakan Jumat (18/10) di Kecamatan Gerokgak. Ketua rombongan I Nyoman Suka Ardiyasa dalam laporannya mengungkapkan selain sebagai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi juga merupakan dukungan atas program bersih sampah plastik yang sedang digalakkan Bapak Gubernur Bali.

“selain bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan ini juga wujud partisipasi kami dalam menyukseskan visi pemerintah Provinsi Bali Nangun Sat Kertih Loka Bali melalui salah satu program yang tengah gencar dilakukan yaitu bersih sampah plastik”, Ujar pria yang juga menjabat sebagai Kaprodi Filsafat Hindu.

Kejur Brahma Widya I Wayan Gata menjelaskan kegiatan pengabdian ini akan menyasar beberapa tempat suci di Kecamatan Gerokgak. Disamping itu guna memperkuat jalinan dengan umat Hindu di Kecamatan Gerokgak, maka ditandatangani MoU dengan harapan di masa yang akan datang civitas akademika STAH Negeri Mpu Kuturan dapat berperan aktif dalam memberikan pelayanan keagamaan bagi umat.

“Pengabdian kali ini dilaksanakan selama sehari di Kawasan Pura Agung Pulaki, Pura Pabean, Pura Melanting dan terkahir di Pura Kerta Kawat. Kami telah menandatangani MoU dengan Pengempon Pura Agung Pulaki dan Kelihan Pemangku Agung Pura Pulaki, sehingga di Piodalan atau acara berikutnya kita dapat lebih berperan aktif melayani umat Hindu yang melakukan persembahyangan di Pura Pulaki”, tegasnya.

Kelihan Pengempon Pura Pulaki Nyoman Bagiarta sangat mendukung kegiatan ini. Ia mengungkapkan rasa bahagia karena generasi muda Hindu yang ada di STAH Negeri Mpu Kuturan tetap mau menjaga adat, budaya, dan agama Hindu. Selain itu ia mengapresiasi pengabdian kali ini sejalan dengan seruan Bapak Gubernur untuk menjaga lingkungan.

“Kegiatan semacam ini sangat kami dukung dan kami berharap di hari-hari berikutnya dapat ditingkatkan secara kualitas maupun kuantitas. Melihat peserta dilibatkan didominasi anak muda kami selaku pengempon merasa bahagia. Ditengah arus perkembangan jaman masih ada anak muda yang mau menjaga adat, budaya dan agama. Apalagi kegiatan kali ini sejalan dengan seruan Gubernur Bali Bapak Wayan Koster tentang gerakan bebas sampah plastik”, katanya.

Kelihan Pemangku Pura Agung Pulaki Ida Bagus Mangku Temaja turut memberi apresiasi positif terhadap penyelenggaran pengabdian ini. Ia juga menyoroti tentang tema yang digunakan sejalan dengan nilai-nilai luhur dalam sumber sastra mengenai Pura Agung Pulaki. Menjaga keberadaan keharmoniasan Kawasan Gerokgak menjadi titik pokok yang disampaikan.

“kami sangat berterima kasih atas apa yang dilakukan para dosen dan mahasiswa STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Jangan pernah sungkan untuk terlibat dan mendukung setiap kegiatan di Kawasan ini. Tema yang diangkat kali ini sudah sejalan dengan apa yang dilakukan pemerintah Kabupaten Buleleng maupun Provinsi Bali. Kami selaku pemangku juga selalu menjaga keharmonisan di Kawasan Pura Pulaki ini, karena sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Bahkan ada beberapa hal tersurat dalam beberapa lontar dan purana yang berhubungan dengan keberadaan kawasan Pura Pulaki”, ungkapnya.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa Jurusan Brahma Widya ini berlangsung selama sehari penuh. Ditengah-tengah acara diselipkan pula penandatanganan MoU antara Jurusan Brahma Widya dengan Pengempon Pura dan Paiketan Pemangku Pura Agung Pulaki. Hadir pula dalam cara penandatanganan MoU Perbekel Desa Banyupoh, Pengempon Pura Agung Pulaki, dan petugas dari kepolisian Kecamatan Gerokgak. (hms.har)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *