29 September 2020

Cegah Penularan Korona Jaga Kebugaran Lewat Yoga


SINGARAJA-Penularan virus Corona bisa diantisipasi dengan meningkatkan imunitas tubuh agar tetap bugar. Salah satunya melalui kegiatan yoga. Gerakan olah tubuh yang satu ini sudah teruji sejak ribuan tahun untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Seperti terlihat di lapangan Ngurah Rai, Singaraja, Jumat (13/3) pagi. Ratusan masyarakat dan mahasiswa tumpah ruah mengikuti yoga massal yang diselenggarakan serangkaian HUT Kota Singaraja ke-416 oleh Jurusan Brahmawidya, STAHN Mpu Kuturan Singaraja.

Ratusan peserta ini sudah berkumpul di lokasi sejak pukul 06.00 Wita pagi. Mereka terlihat menggunakan baju dan celana training beserta matras sebagai alas. Acara ini dibuka langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Buleleng, Ni Made Rousmini dan didampingi oleh Sekretaris Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Buleleng, Gede Melandrat.

Ditemui di sela kegiatan, Rousmini mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Langkah penting dilakukan untuk menghindari diri dari berbagai ancaman penyakit, selain diimbangi dengan asupan nutrisi yang seimbang.“Yoga menjadi salah satu alternatif untuk tetap menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar,” jelasnya.

Lanjut Rousmini, yoga merupakan salah satu olahraga tradisi hindu yang diwariskan dan dikenal di seluruh dunia. Tentu tidak diragukan lagi mafaatnya bagi kesehatan. Terlebih saat ini diseluruh penjuru dunia sedang diancam dengan merebaknya wabah covid-19 yang telah terjadi di Indonesia.

“Untuk itu sebagai upaya pencegahan tentu perlu adanya kesadaran bersama untuk menjaga stamina tubuh dengan berolahraga agar tetap prima. Jika daya tahan tubuh kuat, tentu penularan virus corona bisa diminimalisir” ajaknya.

Sementara itu Ketua Panitia pelaksana pelatihan yoga dan kesehatan, STAHN Mpu Kuturan Singaraja, I Made Hartaka, menjelaskan pelatihan yoga dan kesehatan ini menjadi penting untuk dimasyarakatkan. Terlebih, selama ini Jurusan Brahmawidya telah rutin setiap Jumat menggelar Yoga massal di areal RTH Rumah Jabatan Bupati Buleleng.

Selain itu, dengan pola hidup sejat melalui yoga, pihaknya yakin dapat memberikan manfaat kesehatan yang berkesinambungan kepada masyarakat selama konsisten dilakukan.“Yoga itu teruji manfaatnya. Bisa dilakukan oleh semua umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa. kami ingin memasyarakatkan yoga ini. karena murah, mudah dan menyehatkan,” ujar Hartaka.

Seperti diketahui, agenda yoga massal ini merupakan lanjutan dari Seminar Yoga yang dilangsungkan di Gedung Laksmi Graha SIngaraja, Kamis (12/2) serta Yoga For Kid yang dilaksanakan pada Sabtu (14/3) hari ini di areal Taman Kota Singaraja. (mar/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *