12 November 2019

´╗┐Sosialisasikan Potensi Kampus, STAHN Mpu Kuturan Agendakan DDW


SINGARAJA-Kiprah Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja untuk berperan kepada masyarakat dalam berbagai program pengabdian terus digalakkan. Di pengunjung tahun 2019, kampus negeri di Bali Utara ini kembali menggelar gebrakan dalam berbagai event. Acara tersebut bertajuk Dharma Duta Week (DDW). Kegiatan ini tak semata melibatkan internal civitas kampus, tapi juga partisipasi masyarakat luas.

“Even ini (DDW, red) tak semata untuk menunjukkan eksistensi kelembagaan. Tapi juga untuk mensosialisasikan kebijakan hingga interaksi dosen mahasiswa kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Buleleng, “kata Ketua Jurusan Dharma Duta Dr I Made Sedana, Selasa (9/10). Agenda perdana ini lanjut Sedana, memiliki tujuan prinsip dan substansi untuk sosialisasi keberadaan lembaga STAHN Mpu Kuturan Singaraja yang telah berdiri sejak 3 tahun silam.

Agenda “Goes To Public” ini sekaligus sebagai ajang ruang dan kreativitas dosen-mahasiswa untuk merancang Event bertajuk pendidikan dengan berbagai ruang lingkup kegiatan. Mulai dari aktivitas ilmiah, talkshow, lomba-lomba, hingga pementasan akulturasi seni budaya yang bernafaskan Hindu antara Bali-Jawa.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi Hindu, Sedana mengakui bahwa “branding” STAHN tidak terlepas dari kehinduannya. Bahkan, tak sedikit banyak narasi satir yang berkembang di masyarakat akan lembaga pendidikan hindu hanya bisa “melahirkan” lulusan kepemangkuan. “Padahal prodi kita di STAHN tak semata Hindu. Ada komunikasi, pariwisata dan sedang di rancang program studi umumnya seperti ekonomi, “ucapnya.

DDW yang rencananya dirancang seminggu penuh tersebut juga akan berkolaborasi dengan Pemkab Buleleng khususnya dari Disnakertrans Buleleng. Agenda job fair akan dibuka untuk mensinergikan “link and match” antara lulusan perguruann tinggi dan lowongan pekerjaan yang dibutuhkan korporasi atau kelembagaan. Ia mengakui, bahwa hal ini penting untuk membuka akses kampus dengan dunia kerja serta partisipasi publik.

“Sehingga informasi lowongan pekerjaan lengkap dengan syaratnya bisa diperoleh akuray dalam helatan DDW ini, “ucapnya. Sementara itu Ketua Panitia DDW Ida Bagus Gede Paramitha menguraikan Event DDW yang digelar perdana ini menekanlan partisipasi publik khususnya kalangan pelajar. Event ini memang tak semata bertumpu pada lomba. Tapi juga diisi dengan kegiatan inspiratif melalui talkshow. Disamping itu juga akan digelar Diseminasi Penelitian yakni akvitas ilmiah kampus yang bertujuan untuk mempresentasikam penelitian-penelitian terkini dan aktual STAHN Mpu Kuturan dalam rangka memajukan pendidikan.

“Para peneliti kampus kita optimalkan dalam panggung DDW sebagai bentuk aktualisasi bidang penelitian yang kami emban dalam tri dharma perguruan tinggi,”ucapnya. Terkait lomba, dosen kajian budaya STAHN Mpu Kuturan ini menguraikan beberapa lomba yang digelar. Seperti lembaga lomba sloka dan palawakya tingkat SMA/SMK, fashion show, karikatur, pameran pendidikan, job fair, lomba tradisional ( ngulat kisa, klangsah dan regek), lomba tari nusantara, video instagram (vidgram), story telling (SMP), band akustik (SMA), hingga seminar pendidikan.kaw/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *